HARI MALARIA SEDUNIA 2022

Date

Share Post:

Penyakit malaria adalah salah satu jenis penyakit serius dan berbahaya yang disebabkan oleh infeksi parasit jenis Plasmodium.

Umumnya, parasit tersebut ditularkan melalui gigitan nyamuk, terutama oleh nyamuk Anopheles. Salah satu jenis parasit Plasmodium yang paling umum menyebabkan penyakit ini adalah P. falciparum.

Berikut adalah 5 jenis parasit Plasmodium yang memicu penyakit ini:

  • Plasmodium falciparum
  • Plasmodium vivax
  • Plasmodium ovale
  • Plasmodium malariae
  • Plasmodium knowlesi

Apabila nyamuk Anopheles terinfeksi oleh Plasmodium dan menggigit Anda, parasit tersebut dapat ditularkan dan dilepaskan ke dalam aliran darah Anda. Parasit akan berkembang di dalam hati, dan dalam beberapa hari akan mulai menyerang sel darah merah Anda. Ketika Anda mulai terinfeksi, tanda-tanda dan gejala penyakit ini akan mulai tampak setelah 10 hari hingga 4 minggu. Namun, terkadang gejala juga dapat muncul 7 hari setelah Anda terinfeksi. Gejala-gejala yang paling umum adalah demam, sakit kepala, dan muntah. Apabila tidak segera ditangani, komplikasi yang mungkin muncul dengan penyakit ini adalah anemia dan gula darah rendah (hipoglikemia). Pada kasus yang lebih serius, penderita dapat mengalami penyakit malaria serebral, di mana pembuluh darah menuju otak tersumbat dan berisiko mengakibatkan kematian.

Hubungi dokter jika Anda mengalami:

  • Demam tinggi setelah mengunjungi daerah dengan risiko penyakit malaria yang tinggi
  • Demam tinggi beberapa minggu, bulan, atau setahun telah berlalu setelah Anda pulang dari daerah dengan risiko penyakit malaria tinggi.

Jika Anda memiliki tanda atau gejala di atas atau ingin bertanya, konsultasikanlah dengan dokter.

Untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, periksakan apapun gejala yang Anda alami ke dokter atau pusat layanan kesehatan terdekat.

More
articles