Pendampingan PMKP Unit Kerja/Unit Pelayanan di RSUD Kabupaten Karanganyar

Date

Share Post:

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan menjamin keselamatan pasien, RSUD Kabupaten Karanganyar telah melaksanakan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) yang menjangkau ke seluruh unit kerja di rumah sakit.
Upaya peningkatan mutu unit kerja/unit pelayanan didahului dengan upaya penetapan tolok ukur untuk mengukur kinerja unit tersebut. Sesuai standar PMKP 6 SNARS Edisi I, setiap unit kerja/unit pelayanan di rumah sakit memilih dan menetapkan indikator mutu yang dipergunakan untuk mengukur mutu unit kerja/unit pelayanan. Pimpinan unit kerja/unit pelayanan terlibat langsung dalam pemilihan dan penetapan indikator yang ingin diukur di unit kerja/unit pelayanan. Indikator mutu unit kerja/unit pelayanan dapat menggunakan indikator mutuwajib, indikator mutu prioritas rumah sakit maupun indikator yang tercantum di dalam standar pelayanan minimal.
Dalam rangka meningkatkan implementasi program peningkatan mutu dan keselamatan pasien unit kerja/unit pelayanan, maka KMKP RSUD Kabupaten Karanganyar bekerjasama dengan Unit IT RSUD kabupaten Karanganyar telah melaksanakan kegiatan pendampingan PMKP unit kerja/unit pelayanan.

Maksud dan tujuan Pendampingan PMKP :

  1. Meningkatkan pemahaman dan implementasi Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di unit kerja/unit pelayanan
  2. Unit kerja/unit pelayanan mampu menetapkan prioritas peningkatan mutu di unit masing-masing
  3. Unit kerja/unit pelayanan mampu membuat indikator mutu unit dan melaksanakan pengukuran mutu di unit masing-masing
  4. Unit kerja/unit pelayanan mampu melakukan entri profil indikator dan data indikator mutu unit ke dalam aplikasi sismadak
  5. Unit kerja/unit pelayanan mampu melakukan analisa sederhana dengan metode PDCA

1. Kelompok manajemen :
a. Subbag Tata Usaha/Keamanan
b. Subbag Kepegawaian
c. Subbag Perencanaan
d. Subbag Keuangan
e. Unit Penjaminan
f. Unit Pengadaan Barang dan Jasa
g. Unit Teknologi Informasi
h. Unit Pemeliharaan

2. Kelompok Pelayanan Medik
a. Instalasi Gawat Darurat
b. Instalasi Rawat Jalan
c. Instalasi rawat inap :
1) Ruang ICU
2) Ruang HCU
3) Ruang PONEK
4) Ruang Bersalin
5) Ruang Dahlia
6) Ruang Mawar I
7) Ruang Mawar II
8) Ruang Cempaka 1
9) Ruang Cempaka 2
10) Ruang Cempaka 3
11) Ruang Teratai 1
12) Ruang Teratai 2
13) Ruang Teratai 3
14) Ruang Wijaya Kusuma 1
15) Ruang Wijaya Kusuma 2
16) Instalasi Bedah Sentral

3. Kelompok Penunjang Medik dan Non Medik
a. Instalasi Farmasi
b. Instalasi Rekam Medik
c. Instalasi Kesehatan Lingkungan
d. Instalasi Gizi
e. Instalasi Laboratorium Patologi Klinik dan Bank Darah
f. Instalasi Laboratorium Patologi Anatomi
g. Instalasi Radiologi
h. Unit Fisioterapi
i. Unit CSSD
j. Unit Pemeliharaan Alat Kesehatan
k. Unit Laundry

PELAKSANAAN PENDAMPINGAN

1. Pendampingan dibagi menjadi 3 hari, yaitu :
a. Hari I tanggal 11 Februari 2020 : Kategori Pelayanan Medik
b. Hari II tanggal 12 Februari 2020 : Kategori Penunjang Medik dan Non Medik
c. Hari III tanggal 13 Februari 2020 : Kategori Manajemen

2. Materi yang disampaikan :
a. Sosialisasi Pelayanan Prioritas RSUD Kabupaten Karanganyar tahun 2020
b. Indikator Mutu Wajib
c. Indikator Mutu SPM Tahun 2009
d. Penetapan prioritas masalah dan analisis masalah dengan metode PDCA
e. Pendampingan entri profil indikator dan entri data indikator mutu ke dalam aplikasi sismadak

More
articles