top
logo

Kontak Kami


Untitled Document

Kami siap membantu anda melalui kontak berikut : :

Telpon / sms : 0271 7569426
email / Fb :

rsudkabkaranganyar @gmail.com

kotak saran : RSUD Kab Karanganyar

 

 

 

 

 


feed-image Feed Entries
Home
Asuransi Kesehatan


Jampersal PDF Print E-mail

Pada tanggal 27 Desember 2011, Menteri Kesehatan telah menandatangani Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 2562/Menkes/Per/XII/2011 tentang Petunjuk Teknis Jaminan Persalinan.

Dengan demikian secara resmi Petunjuk Teknis Jaminan Persalinan (Juknis Jampersal) Tahun 2012 telah diterbitkan dan kegiatan Jampersal telah siap dilaksanakan per 1 Januari 2012. file Juknis Jampersal 2012 dapat diunduh disini.


Secara umum ketentuan dan skema Jampersal pada tahun 2012 tidak jauh berbeda dengan tahun 2011. Beberapa hal yang menjadi catatan pada pelaksanaan Jampersal tahun 2011 menjadi perhatian dan telah diupayakan untuk dilakukan pembenahan.

Terdapat beberapa pembenahan pada skema Jampersal tahun 2012 ini, di antaranya:

Read more...
 
Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 25 January 2012 00:21

Pemeliharaan kesehatan adalah hak tenaga kerja. JPK adalah salah satu program Jamsostek yang membantu tenaga kerja dan keluarganya mengatasi masalah kesehatan. Mulai dari pencegahan, pelayanan di klinik kesehatan, rumah sakit, kebutuhan alat bantu peningkatan fungsi organ tubuh, dan pengobatan, secara efektif dan efisien. Setiap tenaga kerja yang telah mengikuti program JPK akan diberikan KPK (Kartu Pemeliharaan Kesehatan) sebagai bukti diri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
Manfaat JPK bagi perusahaan yakni perusahaan dapat memiliki tenaga kerja yang sehat, dapat konsentrasi dalam bekerja sehingga lebih produktif.
Jumlah iuran yang harus dibayarkan:
Iuran JPK dibayar oleh perusahaan dengan perhitungan sebagai berikut:
•    Tiga persen (3%) dari upah tenaga kerja (maks Rp 1 juta ) untuk tenaga kerja lajang
•    Enam persen (6%) dari upah tenaga kerja (maks Rp 1 juta ) untuk tenaga kerja berkeluarga
•    Dasar perhitungan persentase iuran dari upah setinggi-tingginya Rp 1.000.000,-
Cakupan Program
Program JPK memberikan manfaat paripurna meliputi seluruh kebutuhan medis yang diselenggarakan di setiap jenjang PPK dengan rincian cakupan pelayanan sebagai berikut:
1.    Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Pertama, adalah pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh dokter umum atau dokter gigi di Puskesmas, Klinik, Balai Pengobatan atau Dokter praktek solo
2.    Pelayanan Rawat Jalan tingkat II (lanjutan), adalah pemeriksaan dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter spesialis atas dasar rujukan dari dokter PPK I sesuai dengan indikasi medis
3.    Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit, adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta yang memerlukan perawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit
4.    Pelayanan Persalinan, adalah pertolongan persalinan yang diberikan kepada tenaga kerja wanita berkeluarga atau  istri tenaga kerja peserta program JPK maksimum sampai dengan persalinan ke 3 (tiga).
5.    Pelayanan Khusus, adalah pelayanan rehabilitasi, atau manfaat yang diberikan untuk mengembalikan fungsi tubuh
6.    Emergensi, Merupakan suatu keadaan dimana peserta membutuhkan pertolongan segera, yang bila tidak dilakukan dapat membahayakan jiwa.
Prosedur Pelayanan Pemeriksaan Penunjang
Prosedur Pelayanan Farmasi
Prosedur Pelayanan Klaim Perorangan

Last Updated on Thursday, 08 March 2012 01:00
Read more...
 
Jamkesmas PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 13 October 2011 04:13

Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 H dan Undang-Undang Nomor 23/ 1992 tentang Kesehatan, menetapkan bahwa setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. Setiap individu, keluarga dan masyarakat berhak memperoleh perlindungan terhadap kesehatan, dan negara bertanggung jawab mengatur agar terpenuhi hak hidup sehat bagi penduduknya termasuk bagi masyarakat miskin dan tidak mampu.

Selama ini derajat kesehatan masyarakat miskin masih tergolong rendah, disebabkan oleh sulitnya akses terhadap pelayanan kesehatan. Kesulitan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti tidak adanya kemampuan secara ekonomi dikarenakan biaya kesehatan memang mahal.

Untuk itu, sejak tahun 2005 telah diupayakan mengatasi hambatan dan kendala ini dengan pelaksanaan kebijakan Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Miskin (Askeskin). Program ini diselenggarakan oleh Departemen Kesehatan melalui penugasan kepada PT Askes (Persero) berdasarkan SK Nomor 1241/Menkes /SK/XI/2004. Untuk peningkatannya, sampai dengan penyelenggaraan tahun 2008, ada beberpa perubahan mekanisme, antara lain adanya pemisahan peran pembayar dengan verifikator melalui penyaluran dana langsung ke Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) dari Kas Negara, penggunaan tarif paket Jaminan Kesehatan Masyarakat di RS, penempatan pelaksana verifikasi di setiap Rumah Sakit, pembentukan Tim Pengelola dan Tim Koordinasi di tingkat Pusat, Propinsi, dan Kabupaten/Kota serta penugasan PT Askes (Persero) dalam manajemen kepesertaan.

Untuk menghindari kesalahpahaman dalam penjaminan terhadap masyarakat miskin yang meliputi sangat miskin, miskin dan mendekati miskin, program ini berganti nama menjadi JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT yang selanjutnya disebut JAMKESMAS dengan tidak ada perubahan jumlah sasaran.

Last Updated on Tuesday, 06 March 2012 04:21
Read more...
 
Askes PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 13 October 2011 03:06

Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karanganyar melayani pasien yang memegang Kartu Askes.

  1. Pasien Askes PNS/Pensiun

Syarat bagi pasien rawat jalan lanjutan (RJL):

  1. Membawa surat rujukan dari Puskesmas
  2. Menunjukkan kartu Askes
  3. Menyerahkan foto copy kartu mahasiswa/surat keterangan sekolah yang masih berlaku bagi anak yang berumur 21 tahun s/d 25 tahun.

Syarat bagi pasien rawat inap:

  1. Membawa surat rujukan dari Puskesmas kecuali dalam keadaan gawat darurat.
  2. Menyershksn kartu Askes.
  3. Menyerahkan foto copy kartu mahasiswa/surar keterangan sekolah yang masih berlaku bagi anak yang berumur 21 tahun s/d 25 tahun.
  4. Mengurus surat jaminan perawatan ke tim pengendali Askes RSU.

Syarat bagi pasien persalinan:

  1. Tidak perlu membawa rujukan.
  2. Menyerahkan foto copy kartu Askes sebanyak 12 lembar untuk persalinan anak ke-1 dan ke-2.
  3. Mengurus surat jaminan perawatan ke tim pengendal Askes RSU.
  4. Bagi peserta wanita agar melampirkan foto copy surat nikah/foto copy kartu Askes suami.

Last Updated on Tuesday, 17 April 2012 04:08
Read more...
 



bottom
top

Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini36
mod_vvisit_counterKemarin50
mod_vvisit_counterMinggu Ini86
mod_vvisit_counterBulan Ini607
mod_vvisit_counterSemua31154
Visitors Counter 1.5

bottom

create by : Team IT RSUD Kabupaten Karanganyar.